Cara Menghasilkan Uang dari Internet

9 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet, Pelajar Wajib Tahu!

Bagikan artikel ini

Di era sekarang banyak cara bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet. Hal ini tidak hanya untuk orang dewasa aja loh. Kamu yang sekarang masih menjadi pelajar juga bisa mencobanya.

Jika selama ini kebutuhanmu masih disokong orang tua, kamu termasuk anak yang beruntung di dunia ini. Namun pernahkan kamu berfikir akan sampai kapan kamu bergantung pada mereka?

Untuk itu, belajar menjadi lebih mandiri bisa dilakukan sedari dini. Salah satunya dengan mampu menghasilkan uang sendiri. Uang tersebut bisa kamu pakai buat nambah uang jajan dan memenuhi kebutuhan. Selain itu,  uang itu nantinya juga bisa dtabung untuk masa depanmu.

 

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Untuk bisa menghasilkan uang dari internet, kamu bisa memanfaatkan gawai dan paket internet. Beragam cara bisa kamu lakukan dan pastinya mudah diaplikasikan. Kamu cukup baca artikel ini sampai habis dan sesuaikan dengan minat yang kamu sukai.

So, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet, let’s check this out!

1. Mendapatkan Uang dari Jualan Online

Online Shop - cara menghasilkan uang lewat internet untuk pelajar

Seseorang sedang mencari jaket di Online Shop | Pixabay (HutchRock)

Belanja online sering kali menjadi pilihan dimasa sekarang, terlebih bagi mereka yang sedikit waktu luang. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh cuan. Kamu bisa memulainya dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali dengan bergabung menjadi reseller atau dropshiper.

Adanya sistem reseller dan dropshiper memudahkan kamu dalam melakukan aktivitas jual beli. Ketika kamu mendapatkan orderan, kamu cukup mengabarkan kepihak toko atau distributor. Nantinya mereka yang akan mengirimkan barang ke alamat pemesanan.

Meski tampak mudah, namun disini kamu perlu hati-hati. Pastikan toko/distributor produk yang kamu ajak kerjasama dapat dipercaya. Karena jika pelayanan yang diberikan bagus, kepuasan pelanggan juga semakin tinggi.

 

2. Menjual Barang Preloved

Baju Preloved

Baju Preloved | Pixabay (Pexels)

Bukan hanya barang baru, barang preloved atau barang bekas namun layak pakai kini semakin digandrungi. Kamu bisa memanfaatkannya dengan menjualnya di berbagai platform online seperti social media atau market place.

Barang Preloved bisa kamu dapatkan dari lemari kamu sendiri. Kamu bisa cek baju, celana, jaket atau aksesoris yang kamu miliki. Cari barang-barang tersebut yang sekiranya jarang kamu kenakan dan masih layak pakai. Kamu juga bisa menjualkan barang preloved milik orang lain. Coba deh tawarkan hal ini mulai dari orang terdekatmu.

Kunci keberhasilan dari menjual barang preloved adalah kejujuran. Pastikan kamu menjelaskan secara detail kondisi barang yang kamu jual. Jangan sampai karena terbatasnya informasi, membuat pelangganmu merasa dibohongi.

 

3. Ikut Program Affiliator

Program Affiliator

Program Affiliator | Pixabay (Firmbee)

Jika dua cara diatas menurutmu cukup ribet, mungkin cara yang satu ini bisa jadi pilihan. Kamu bisa ikut program affiliator, terlebih jika kamu hobi belanja dan suka mereview produk-produk yang kamu beli.

Cara kerja affiliator sendiri cukup mudah. Kamu tinggal membagikan link affiliate kepada calon targetmu. Ketika banyak calon target yang mengklik link tersebuat dan berhasil melakukan pembelian, kamu akan memperoleh komisi sesuai perjanjian.

Sampai saat ini sudah banyak sekali program affiliasi yang bisa kamu ikuti. Contohnya seperti program affiliasi shopee, tokopedia, niagahoster dan yang lainnya. Agar kamu bisa mendapatkan uang lebih banyak, cobalah untuk bikin review jujur dan kenten-konten menarik yang bisa mendatangkan trafik.

 

4. Jadi Content Creator

Content Creator - cara menghasilkan uang lewat internet untuk pelajar

Seorang laki-laki sedang membuat konten untuk akun sosial medianya | Pixabay (icsilviu)

Banyak anak kecil jika ditanya hari ini tentang cita-cita mereka, sebagian besar menjawab ingin menjadi seorang content creator. Terlebih saat ini banyak sekali orang sukses yang terlaihir dari media ini, sebut saja diantaranya Ria Ricis dan Atta Halilintar.

Kamu pun sebenarnya memiliki kesempatan yang sama untuk bisa jadi seorang content creator. Kamu bisa memulainya dengan membuat konten-konten menarik seputar hal-hal yang kamu suka atau yang kamu kuasai.

Beragam platform pendukung seperti Instagram, Tiktok atau Youtube bisa kamu pilih untuk mendistribusikan konten-kontenmu. Jika banyak orang yang menonton, kemungkinan besar akan ada sponsor yang tertarik buat meng-endors kamu.

 

5. Menghasilkan Uang dengan Jadi Podcaster

Microphone - cara menghasilkan uang lewat internet untuk pelajar

Microphone untuk membuat Podcast | Pixabay (jebzwoleja)

Jika kamu bukan tipe orang yang percaya diri tampil didepan kamera, mungkin menjadi seorang podcaster adalah pilihan yang tepat. Terlebih jika kamu memiliki suara yang unik yang bisa buat orang betah lama-lama ngedengerin kamu ngoceh.

Konten podcast sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konten youtube atau tiktok. Bedanya disini podcast lebih mengutamakan dari segi audio. Adapun jenis konten yang bisa kamu buat bisa berupa dialog dengan narasumber atau monolog.

Untuk topik yang ingin dibahas, kamu bisa sesuaikan dengan minat yang kamu suka atau kamu kuasai. Platform pendistribusiannya sekarang juga sudah banyak, kamu bisa upload ke anchor, noice, spotify, google podcast, apple podcast dan masih banyak lagi.

 

6. Jadi Kontributor Foto dan Video

Photographer

Seorang perempuan mengabadikan momen saat malam hari dengan kameranya | Pixabay (trinhkien91)

Kamu tidak suka jadi pusat perhatian dan lebih suka berada dibalik layar, suka memotret pemandangan atau situasi sekitar, mengabadikan momen dengan angel yang menakjubkan. Tenang, mungkin jadi Photographer atau videographer bisa jadi dipilihan.

Kamu tak perlu khawatir, jika belum punya kamera yang memadai. Cukup gunakan kamera smartphone untuk menangkap momen atau gambar yang indah. Kumpulkan dan pilih foto/video terbaikmu untuk diunggah ke beberapa platform penjual foto/video. Seperti ShutterStock, Getty Images, Dissolve dan yang  lainnya.

 

7. Menjadi Disainer Grafis Freelance

Disainer grafis - cara menghasilkan uang lewat internet untuk pelajar

Disainer Grafis | Pixabay (StartupStockPhotos)

Kalau kamu jago bikin disain, gak ada salahnya buat kamu jadi disainer grafis freelance. Terlebih sekarang peluang dibidang ini masih terbuka lebar. Banyak UMKM yang membutuhkan jasamu untuk disain logo, kemasan produk, media promosi atau konten untuk mengisi feed di akun media sosial mereka.

Tools disain pun sekarang cukup beragam dan mudah penggunaannya. Jika kamu tak cukup uang untuk langganan Adobe Photoshop atau Corel Draw, kamu bisa gunain Photopea atau Canva. Hasilnya pun tetap kece dan tak jauh berbeda.

Sedikit saran, jika kamu berniat serius membuka jasa ini, buatlah semaksimal mungkin dan jangan pernah buat kecewa pelangganmu. Karena ketika mereka puas dengan karyamu, tanpa diminta pun mereka akan sukarela merekomendasikan jasamu ke kolega mereka.

 

8. Membangun Blog dan Memonetisasi

Membuat Blog - Pixabay - picjumbo_com

Seseorang sedang Posting Artikel Blog WordPress | Pixabay (picjumbo_com)

Buat kamu yang suka menulis dan berbagi ilmu, membuat blog bisa jadi pilihan yang tepat. Adanya blog ini dapat dijadikan media untuk menampung karya-karya yang pernah kamu buat. 

Blog bukan hanya digunakan untuk menyalurkan hobi. Lewat blog kamu juga bisa memperoleh uang. Adapun cara yang bisa dilakukan seperti mengubungkan dengan Google Adsense, membuka jasa endorsment dan jasa guest post.

 

9. Menjadi Kontributor Stuvia.id

Catatan Pelajaran - cara menghasilkan uang lewat internet untuk pelajar

Seseorang sedang membuat catatan pelajaran | Pixabay (danaos-de)

Jika delapan cara diatas dirasa terlalu sulit, kamu masih bisa dapat uang lewat internet menggunakan cara terakhir ini, yakni menjadi kontributor Stuvia. Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal mengunggah rangkuman materi pelajaran yang pernah kamu buat disekolah/kuliah.

Kamu tidak perlu khawatir, karena semua materi yang kamu unggah terjamin keamanannya. Selain itu kamu juga bebas menentukan harga terbaik untuk materi yang telah kamu buat. Menariknya lagi, kamu bebas mengunggah berapapun materi tanpa ada batasan.

Untuk materi yang bisa diunggah di stuvia antara lain rangkuman materi, ringkasan buku, ringkasan paper/essay, pembahsan tugas/soal pelajaran dan masih banyak lagi. Cukup mudah bukan, tertarik mencobanya? Yuk unggah materi sekarang!

 

Niat Aja Gak Cukup, Kerja Keras dan Konsistensi Juga Penting

Sebelum kamu menjalankan salah satu dari sembilah hal diatas, penting untuk di ingat bahwa “Niat Aja Gak Cukup!”. Kamu perlu melakukan kerja keras dan juga konsistensi agar apa yang kamu impikan selama ini bisa terwujud.

Niat yang kokoh merupakan pondasi utama. Ketika kamu sudah ada niat dalam diri, kamu perlu memupuknya dengan beragam tindakan. Disini kamu bisa mulai dengan mencari tahu lebih banyak terkait apa yang ingin dikerjakan. Susun strategi agar lebih mudah dilakukan dan lebih cepat direalisakikan.

Selain niat, kamu juga perlu kerja keras. Coba dari apa yang kamu lakukan, cari “hal unik” yang jadi pembeda antara kamu dengan kompetitormu. Pastikan hal ini jadi nilai lebih agar apa yang kamu buat selalu dinantikan oleh mereka.

Ketika apa yang kamu lakukan tadi sudah berjalan. Kamu jangan pernah merasa puas. Karena akan banyak sekali cobaan dan rintangan yang menghampiri. Kalaupun masih belum menghasilkan, jangan pernah menyerah. Segera evaluasi dan lakukan lagi, karena konsistensi diperlukan disini.

Dari tiga hal ini, apabila dijalankan dengan baik dan benar bukan tidak mungkin apa yang kamu harapkan dapat menjadi kenyataan. Sekarang yang masih jadi persoalan, kapan kamu mau memulainya? 

 

Publikasikan Materi Anda di Stuvia

Buat akun secara GRATIS, atur harga sesuai dengan keinginanmu. Bantu pelajar Indonesia dengan materi dan pembahasan soal dari institusimu dan dapatkan omset tambahan!
Daftar Sekarang!