Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Manfaat Menulis Catatan Saat Belajar, Bikin Daya Ingat Lebih Baik

Bagikan artikel ini

Berkembangnya teknologi membuat siapapun mudah untuk mencatat sesuatu. Dengan menggunakan komputer, laptop, iPhone, hingga perangkat mobile ponsel dengan berbagai aplikasi yang bisa kamu pilih. Karena selain mudah, manfaat menulis dengan gadget juga lebih mudah untuk dibagikan dalam bentuk soft copy.

Lalu apakah dengan adanya gadget yang dimana mendapatkan semua materi menjadi lebih mudah, kamu tidak perlu membuat catatan? Tentu tidak, kamu harus tetap menulis atau membuat catatan saat guru menjelaskan di depan kelas. Karena ada banyak manfaat menulis yang bisa kamu dapat saat mencatat ketika guru menjelaskan materi pelajaran di dalam kelas.

Manfaat Menulis Catatan

Bagi kamu yang masih sering merasa malas membuat catatan, sebaiknya ketahui berbagai manfaat menulis dan membuat catatan berikut ini :

1. Melatih Daya Ingat

Mendengarkan penjelasan guru sambil mencatat itu melatih otak untuk multitasking. Karena harus melakukan dua hal dalam satu waktu. Ini memang bukan pekerjaan yang mudah. Karena jika tidak konsentrasi, kamu justru tidak memahami apapun yang gurumu jelaskan.

Tapi jika berhasil fokus dan berkonsentrasi penuh, cara ini akan membantu melatih daya ingat. Karena hal ini seperti mengasah otak untuk terus bekerja dan mengaktifkan semua performanya.
Alhasil, kamu lebih mudah memahami materi yang disampaikan dengan daya ingat yang lebih lama.

2. Mengatur Pola Hidup

Ketika membuat catatan, kamu akan memilih, mana materi yang harus kamu catat dan mana yang tidak. Lalu mengatur catatan agar lebih mudah untuk dibaca dan dipahami. Secara tidak langsung, cara ini bisa melatih pola hidup sehari-hari. Melatih alur pikir pemetaan masalah saat kamu sedang mencari jalan keluar.

Meski terlihat sepele, namun banyak siswa yang merasa memiliki rasa disiplin yang baik setelah mereka menulis catatan. Jika kamu merasa belum memiliki kedisiplinan yang baik, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan cara ini. Agar bisa mengatur pola hidup dan rasa disiplin yang maksimal.

3. Sebagai Stimulus Bagi Otak

Menulis menjadi salah satu cara untuk menstimulasi otak. Sel dalam otak akan merekam lebih mudah dan lebih lama terkait materi yang telah kamu tulis. Ini akan sangat bermanfaat ketika mempelajarinya kembali. Otakmu akan lebih mudah memahami dan menghafal materi pelajaran tersebut.

Beda jika kamu hanya mengambil materi dari internet. Butuh waktu lebih lama untuk memahami dan menghafalkan semua materi tersebut. Karena otak harus bekerja dua kali. Yaitu saat berkenalan dengan materi dan memahami serta menghafalkannya.

4. Melatih Kemampuan Menulis

Semua orang memang bisa menulis. Tapi tidak semua orang bisa menuangkan ide dalam bentuk tulisan yang runut dan rapi. Kamu bisa melatih kemampuan menulis ini dengan cara membuat catatan untuk materi pelajaran di sekolah.

Mulailah dengan menulis ulang materi yang telah dijelaskan oleh guru. Lalu tingkatkan skill menulis dengan menulis artikel sederhana. Setelah itu bisa menambah dengan menulis artikel opini.
Hingga akhirnya kamu bisa membuat karya ilmiah, jurnal, dan berbagai tulisan ilmiah lainnya. Dengan mengasah kemampuan menulis, kamu bisa membuka peluang pekerjaan menguntungkan di masa depan.

5. Mencegah Kebosanan Belajar

Tidak hanya meningkatkan kinerja otak dan skill menulismu saja. Manfaat menulis atau membuat catatan lainnya adalah untuk mencegah kebosanan dalam belajar. Kebosanan membaca buku pelajaran yang tebal dan lebar.

Mungkin bisa saja kamu mengambil artikel singkat dari google sesuai dengan bahasan. Tapi jika itu dilakukan secara terus menerus, tetap saja akan memberi rasa bosan tersendiri. Dan kamu bisa mengurangi rasa bosan itu dengan cara membuat catatan yang rapi.

Tambahkan ballpoint warna-warni dengan highlighter di beberapa bagian penting. Boleh juga menambahkan ilustrasi atau gambar yang menarik. Setelah jadi, kamu bisa upload di Instagram. Ini bisa menjadi postingan yang menarik dan disukai oleh banyak orang.

6. Lebih Simple

Coba kamu bayangkan ketika belajar untuk menghadapi UAS atau UAN. Tentu akan terlalu merepotkan jika harus belajar menggunakan buku paket sekolah yang besar. Padahal tidak semua isi buku tersebut harus dipelajari. Karena yang kamu perlukan hanya beberapa poin saja.

Berbeda jika belajar menggunakan catatan yang dibuat sendiri. Catatan itu lebih simple dan praktis karena hanya berisi poin-poin penting saja. Sehingga belajar lebih mudah dan bisa lebih
fokus.

7. Melatih Kreatifitas Menulis

Bagi kamu yang suka membuat tulisan dengan tangan, membuat catatan akan meningkatkan sisi kreatifitas kamu. Yaitu kreatifitas saat membaca, merangkum, memahami, hingga mencatat. Manfaat menulis ini bisa kamu dapatkan saat menulis catatan yang bersumber dari buku paket sekolah.

Kenapa bisa melatih kreatifitas? Karena sebelum menulis, kamu harus membaca dan memahaminya dengan baik. Lalu membuat ringkasan dan menuliskan rangkuman dalam sebuah buku catatan yang baik.

Tidak hanya mencatat biasa. Kamu juga bisa menambahkan daya kreatifitas dengan berbagai seni catatan yang artistik. Ini tidak hanya bisa menjadi catatan materi pelajaran yang baik saja. Tapi
juga bisa menjadi karya seni yang bisa dinikmati oleh orang lain.

8. Bisa Menjadi Kenangan Tersendiri

Bayangkan 10 tahun dari sekarang. Saat kamu telah lulus dari universitas terbaik dunia, telah menikah dan memiliki anak. Tiba-tiba kamu menemukan buku catatan waktu masih SMP atau SMA. Dengan catatan yang rapi dan menarik. Tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Kamu bisa memperlihatkan pada pasangan atau anak tentang bagaimana dulu kamu di sekolah.

Buku catatan itu bisa menjadi kenangan yang manis. Seperti dokumen yang bisa jadi bisa digunakan kembali oleh anak-anak kamu nanti. Jadi jangan malas untuk membuat catatan serapi mungkin.

9. Tidak Ketinggalan Materi Pelajaran

Selain memberi buku paket, guru atau dosen biasanya juga memberi rangkuman soft copy power point yang bisa kamu gunakan untuk belajar. Cara ini memang praktis. Tapi seringnya masih ada materi yang terlewat untuk dipelajari.

Berbeda jika kamu menuliskannya sendiri. Tidak akan ada materi yang akan terlewatkan karena kamu menulisnya sendiri. Dengan cara seperti ini kamu juga tidak akan tertinggal materi pelajaran.

10. Lebih Hemat

Pihak sekolah memang sudah memberikan buku paket untuk menunjang pelajaran di sekolah. Tapi ada kalanya buku paket tersebut masih kurang sehingga kamu harus membeli buku tambahan yang harganya mahal. Tentu ini menjadi kendala tersendiri bagi kamu yang memiliki dana pas-pasan.

Tapi uang tambahan beli buku ini tidak perlu kamu keluarkan jika membuat catatan. Cukup pinjam dari perpustakaan atau teman. Lalu rangkum dan tulis dalam buku catatan yang rapi. Meski tidak memiliki dana pendidikan yang berlebihan, kamu tetap bisa memahami materi dengan sebaik mungkin.

Bahkan jika mau, bisa mendapatkan uang tambahan dari catatan tersebut. Kamu bisa jual rangkuman yang pernah kamu buat di Stuvia.

Dari paparan tersebut kamu bisa mengerti bahwa ada banyak manfaat menulis dan membuat catatan di sekolah. Karena selain meningkatkan skill menulis, kamu juga bisa dapatkan uang tambahan hanya dengan unggah materi pelajaran di Stuvia.

Semoga bermanfaat.

Temukan Sumber Belajar Terbaik

Hemat waktu dengan berfokus pada apa yang penting. Ringkasan studi, panduan belajar, dan catatan kelas yang ditulis oleh sesama siswa dan dengan cepat mempelajari hal-hal yang penting
Cari Sekarang!