Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Cara Menghafal Dengan Cepat Agar Mudah Ingat, Ini Rahasianya!

Bagikan artikel ini

Ada kalanya kamu dituntut untuk bisa menguasai ilmu tentang cara menghafal dengan cepat. Seperti ketika berhadapan dengan ujian sekolah, ujian akhir semester kuliah, presentasi bisnis, dan lain sebagainya. Dengan cara ini kamu bisa memahami materi dan menghafalnya dengan mudah dan cepat.

Pada situasi normal, kamu bisa menghafal dengan cara membaca berulang-ulang. Namun nyatanya cara seperti itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga kamu memerlukan cara yang lebih cepat dan praktis. Penasaran cara apa yang bisa kamu lakukan jika ingin menghafal dengan cepat? Artikel ini akan membahas selengkapnya untuk kamu.

Berbagai Cara Menghafal dengan Cepat

Tidak perlu panggil dukun atau semedi di puncak gunung untuk bisa menghafal materi pelajaran dengan cepat. Kamu bisa lakukan berbagai cara menghafal dengan cepat berikut ini :

1. Menggunakan Metode Tulis Tangan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa memahami dan menghafal dengan cepat adalah menggunakan metode tulis tangan. Kamu bisa mencatat dengan menggunakan tangan manual. Cara ini mampu merangsang kemampuan otak untuk bisa memahami pelajaran dengan lebih tajam.

Siswa atau mahasiswa yang menulis dengan menggunakan tangan mampu mengingat pelajaran lebih kuat. Daripada yang menulis dengan menggunakan gadget, otak akan terlatih untuk mengorganisir dengan baik. Sehingga bisa menjadi stimulus agar mampu memperkuat daya ingat lebih lama lagi.

2. Metode Mind Map

Mind map adalah metode pemetaan otak hasil temuan psikolog asal Inggris bernama Tony Buzan. Caranya adalah dengan menemukan keyword umum lalu mengembangkannya menggunakan sub keyword yang ada dalam catatan materi.

Cara menggunakan metode ini sangat mudah, kamu hanya perlu menyediakan satu lembar kertas kosong dan ballpoint warna-warni. Lalu tulis satu keyword utama pada bagian tengah. Lalu mengembangkannya dengan menambahkan keyword turunan yang juga sebagai topik turunan.

Misalkan akan belajar tentang ilmu biologi tentang cara berkembang biak makhluk hidup. Kamu bisa membuat topik utama tentang cara berkembang biak makhluk hidup. Lalu tambahkan topik turunan berupa cara vegetatif dan generatif.

Masing-masing sub turunan ini juga bisa membaginya lagi, misalkan contoh generatif dan vegetatif pada tumbuhan dan hewan. Kamu bisa menggunakan penjelasan singkat agar mudah dimengerti. Bisa juga menambahkan ilustrasi seperti gambar, diagram atau ilustrasi lain yang mampu memperjelas penjelasanmu.

3. Menggunakan Jembatan Keledai

Cara menghafal dengan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan jembatan keledai. Cara yang satu ini telah menjadi metode untuk mengingat dengan cepat sejak jaman dahulu. Terutama bagi kamu yang harus menghafal banyak istilah asing dalam tempo yang sangat singkat.

Contoh yang paling banyak adalah dengan mengambil huruf pertama atau suku kata pertama dari setiap kata. Lalu menggabungkannya dengan suku kata lainnya. Seperti kata "mejikuhibiniu" untuk menghafalkan warna pelangi.

Kata mejikuhibiniu ini sebagai singkatan dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Cara ini paling tepat kamu gunakan jika harus menghafal tabel periodik pada pelajaran kimia.

4. Membuat Poin Penting

Jika kamu mencatat dengan menggunakan tangan, cobalah untuk menggunakan warna yang berbeda untuk setiap poin penting dalam catatan. Misalkan warna merah bolt. Dengan memberikan warna yang berbeda, otak kamu akan cenderung mengingatnya sebagai poin yang penting.

Cara ini sangat praktis digunakan saat kamu diminta menghafal untuk presentasi kerja. Agar lebih menarik dan berkesan, kamu bisa menambahkan ilustrasi seperti gambar atau grafik sesuai dengan kebutuhan.

5. Menjadikan Lagu

Materi pelajaran juga bisa kalau kamu mau. Dan kabar baiknya lagi, menjadikan materi pelajaran sebagai lagu adalah cara menghafal dengan cepat dan mudah.

Contohlah beberapa lagu tentang nama-nama malaikat yang banyak dihafal oleh anak-anak. Atau nama 25 nabi yang dikemas menjadi sebuah lagu yang menarik. Kamu bisa mencoba menerapkan cara ini untuk menghafal nama-nama ibu kota negara di Asia tenggara. Atau nama pahlawan pejuang kemerdekaan lengkap dengan kota asalnya.

6. Rekam

Ini bisa menjadi alat untuk menghafal dengan cepat, terutama bagi kamu yang suka dengan gaya belajar auditori. Kamu bisa merekam penjelasan guru di dalam kelas. Atau bisa juga merekam suara sendiri ketika sedang membaca buku pelajaran.

Tidak hanya memudahkan untuk belajar menghafal dengan cepat. Cara seperti ini juga membantu meningkatkan kemampuan publik speaking dan skill berbicara lainnya.

7. Metode Visualisasi

Berbeda lagi bagi kamu yang memiliki gaya belajar visual, tidak ada salahnya menghafal dengan metode visualisasi. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencetak materi lalu menempelkannya pada dinding kamar atau tempat manapun di rumah yang biasa kamu lewati.

Kamu bisa menggunakan cara ini ketika akan menghafal berbagai rumus tenses dalam bahasa Inggris, cetak dengan huruf besar dan tempel pada tembok. Meski terlihat cukup lucu, namun banyak siswa yang berhasil menghafal rumus tenses dengan cara ini.

8. Membuat Cerita

Kamu suka menulis cerpen? Tidak ada salahnya mengubah teori kimia, biologi, atau fisika menjadi sebuah cerita yang menarik, misalkan ingin menggambarkan sifat glukosa. Kamu bisa menggambarkan tokoh yang bernama glukosa dengan sifat yang manis dan periang.

Atau misalkan ingin menggambarkan sifat kolesterol jahat. Kamu bisa mendeskripsikannya dengan makhluk yang jika dibiarkan semakin banyak bisa mengancam jadi pembunuh.

Mungkin cara ini sekilas memang cukup menggelikan, tapi nyatanya ada yang berhasil belajar dengan cara ini. Bahkan jika kamu posting cerita ini di sosial media atau platform menulis online, akan banyak pembaca yang tertarik dengan tulisan kamu.

9. Kuis Tanya Jawab

Kamu bisa menggunakan hobi ini sebagai salah satu metode cara menghafal dengan cepat. Kamu bisa membuat berbagai pertanyaan lengkap dengan jawabannya. Lalu mintalah ayah, ibu, kakak, adik, atau bahkan teman untuk melontarkan pertanyaan padamu.

Lalu jawab sesuai dengan pengetahuanmu, jika ada yang salah bisa minta tolong pada si penanya untuk membenarkan sesuai dengan jawaban yang telah kamu tulis. Siapa tahu ada beberapa pertanyaan itu yang nantinya akan keluar dalam kertas ujian.

10. Pola hidup Sehat

Jangan lupa penuhi asupan makanan yang bergizi dan oksigen yang baik. Karena darah bisa mengirim oksigen segar ke otak jika kamu mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik dan seimbang. Pastikan juga cukup istirahat dengan tidur minimal 7-8 jam sehari. Karena otak akan lebih mudah menerima beban ketika tubuh cukup istirahat.

Sudah Tau Cara Menghafal Dengan Cepat?

Bagaimana? Ternyata cara menghafal dengan cepat tidak sesulit yang dibayangkan. Dan untuk bisa melakukan semua metode di atas, kamu harus memiliki catatan atau ringkasan materi pelajaran dengan baik. Kalau ringkasanmu nanti sudah selesai, jangan lupa untuk unggah di Stuvia. Agar kamu bisa mendapatkan uang tambahan dari sana.

Temukan Sumber Belajar Terbaik

Hemat waktu dengan berfokus pada apa yang penting. Ringkasan studi, panduan belajar, dan catatan kelas yang ditulis oleh sesama siswa dan dengan cepat mempelajari hal-hal yang penting
Cari Sekarang!