Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Ujian Berbasis Komputer Sulit? Simak Tips Ampuh Berikut Ini!

Bagikan artikel ini

UBK atau ujian berbasis komputer adalah ujian yang menggunakan komputer sebagai medianya. Tujuannya adalah untuk mengembangkan karakteristik dan kompetensi murid untuk mencapai tujuan pembelajaran. Baik secara umum maupun khusus, mulai dari tingkatan sekolah dasar hingga menengah ke atas.

Meski dirasa cukup efektif, namun UBK menjadi ketakutan tersendiri bagi sebagian siswa. Seperti ada beban yang harus ditanggung untuk sekedar bisa lulus dan melanjutkan ke tingkat selanjutnya. Kamu termasuk salah satunya? Jangan takut. Pada artikel ini akan membahas lengkap bagaimana tips ampuh mengerjakan soal UBK dengan mudah dan hasil yang memuaskan.

Tips Persiapan Ujian Berbasis Komputer

Agar ujianmu berjalan dengan lancar, sebaiknya ketahui apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum menghadapi ujian berbasis komputer berikut ini :

1. Pelajari Materi Sematang Mungkin

Persiapan pertama dan utama yang harus kamu lakukan tentu saja dengan belajar. Pelajari semua materi yang akan kamu hadapi di ujian. Karena semua materi yang sudah pernah guru sampaikan di kelas, maka kamu hanya perlu mengulang semuanya. Berjaga-jaga kalau ada materi yang lupa atau bahkan mungkin belum sempat kamu pelajari.

Kumpulkan lagi catatan yang pernah kamu buat. Jika masih kurang, kamu bisa mencari tambahan materi dari buku atau internet. Ada banyak materi dan latihan soal yang tersedia gratis di internet. Kamu bisa men-download materi sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

2. Mengikuti Berbagai Pelatihan Offline atau Online

Bagi kamu yang tidak bisa belajar sendiri, tidak ada salahnya mengikuti berbagai pelatihan offline ataupun online khusus persiapan UBK. Biasanya sekolah atau lembaga bimbingan belajar tertentu mengadakan kursus offline. Sedangkan kursus online biasanya menggunakan aplikasi belajar atau mengikuti berbagai e-course yang banyak tersedia di internet.

Jenis kursusnya beragam. Ada yang gratisan dan ada pula yang berbayar. Yang gratis memang sangat membantu bagi siswa dengan kemampuan keuangan yang kurang baik. Tapi jika ingin mendapat fitur dan layanan yang premium, sebaiknya pilih kursus yang berbayar. Baik secara online maupun offline.

3. Usahakan Untuk Tetap Rileks

Setiap orang pasti merasa panik saat menghadapi ujian. Tapi tidak ada salahnya jika kamu mencoba rileks sejenak. Rileks ini berguna bagi kesehatan mental agar kualitas mental tetap terjaga hingga saat ujian.Lalu apa hubungannya antara mental rileks dengan hasil ujian? Tentu saja ada. Mental yang rileks cenderung membuat pikiran kamu lebih tenang. Sehingga mampu menyelesaikan ujian dengan baik karena semua materi yang telah kamu pelajari tidak hilang begitu saja karena panik.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk rileks. Seperti menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke taman, pergi ke toko buku membeli komik atau novel yang kamu sukai, mencoba resep masakan baru bagi kamu yang hobi memasak, dan melakukan apapun yang menjadi hobi. Meski sederhana, namun cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan kesehatan mental menjelang ujian.

4. Perbanyak Latihan Soal

Tips menghadapi ujian berbasis komputer selanjutnya adalah dengan memperbanyak latihan soal. Dengan banyaknya variasi latihan soal yang kamu kerjakan, maka kamu akan semakin terlatih saat mengerjakan ujian.

Bagi kamu yang mengikuti kursus di lembaga pelatihan, bisa mendapat berbagai variasi soal yang tutornya berikan. Tapi bagi yang tidak mengikuti kursus, bisa mendapat variasi soal di internet. Ada banyak siswa atau tenaga pendidik yang dengan senang hati memberikan variasi soal UBK. Kamu tinggal download dan menggunakannya untuk belajar sendiri di rumah.

5. Hindari Belajar Kebut Semalam

Apa itu belajar kebut semalam? Yaitu belajar semua materi hanya dalam satu malam. Yaitu malam sebelum ujian. Ini bukan cara yang efektif. Ibarat otak itu sebuah tampungan, tidak akan mampu menampung semua materi dalam waktu beberapa jam saja.

Selain itu, belajar semalaman hanya akan membuat kondisimu kurang fit saat ujian tiba. Alih-alih akan sukses ujian. Yang ada justru kamu akan gagal. Karena kamu tidak memahami semua materi yang kamu pelajari dan keadaan tubuh yang kurang fit saat ujian.

6. Berdoa

Belajar, sudah. Rileks, sudah. Berusaha melakukan yang terbaik, sudah. Sekarang saatnya kamu melengkapi itu semua dengan berdoa. Berdoa tidak hanya akan membuat apa yang kamu inginkan terkabul. Tapi juga membantu memberi ketenangan lahir dan batin untuk menghadapi ujian.

Bagi kamu umat Islam, berdoalah setelah shalat 5 waktu agar diberi kelancaran saat ujian berbasis komputer. Atau jika memungkinkan, kamu bisa menambah dengan dengan shalat malam dan sedekah. Sedangkan bagi kamu yang dari umat agama lain, bisa berdoa sesuai dengan ajaran agama yang kamu anut.

7. Menjaga Kesehatan

Apalah artinya kalau persiapan kamu telah matang namun pas hari ujian kamu sakit? Semua akan sia-sia belaka. Maka dari itu, sesibuk apapun kamu belajar, sebaiknya jangan lupakan masalah kesehatan. Jagalah pola makan, tidur, dan jangan lupa berolahraga dengan rutin.

Dengan kesehatan yang baik, kamu akan lebih siap dalam menghadapi UBK. Hasil yang akan didapatkan juga maksimal.

8. Kerjakan Semua Soal

Selama menjalani UBK, semua peserta akan memiliki waktu yang terbatas. Maka dari itu, hargai waktu dengan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Baru mengerjakan yang sulit. Pastikan kamu mengerjakan semua soal. Agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Ujian Berbasis Komputer

Sudah siap menjalani ujian? Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui saat mengikuti ujian berbasis komputer :

1. Ketahui Cara Login

Kamu harus login terlebih dahulu agar bisa mengikuti ujian. Dengan cara memasukkan username dan password yang tertera dalam kartu peserta, lalu klik login.

2. Memulai Ujian

Jika kamu masuk dan ujian belum mulai, akan muncul tombol warna merah dengan tulisan Belum Ujian pada bagian bawah. Tapi jika ujian telah dimulai, kamu bisa langsung menekan tombol Mulai pada bagian bawah. Dan langsung tekan tombol Mulai Test pada bagian bawah.

3. Mengerjakan Ujian

  • Kamu cukup memilih opsi A,B,C, atau D pada jawaban.
  • Lalu klik tombol Selanjutnya jika ingin melanjutkan ke soal berikutnya. Kamu juga bisa melompati soal jika kelihatannya terlalu sulit.
  • Kamu juga bisa memilih opsi Ragu jika belum yakin dengan jawaban tersebut. Tapi perlu kamu tahu bahwa jawaban ragu tidak direkomendasikan.
  • Jika ingin kembali ke soal sebelumnya, kamu bisa menekan tombol Sebelumnya. Atau tekan daftar soal untuk melihat soal yang sudah diisi dan belum diisi.

4. Waktu Ujian

Jika waktu ujian berbasis komputer masih ada, kamu belum bisa mengakhiri ujian. Akan muncul tanda ujian berakhir jika sesi waktu sudah habis. Gunakan waktu yang ada untuk memeriksa ulang semua jawaban.

5. Melihat Hasil Ujian

Kamu bisa langsung melihat hasil ujian dengan mengklik menu Hasil Ujian.

Sudah Siap Untuk UBK?

Itulah beberapa tips sebelum ujian berbasis komputer dan bagaimana cara mengerjakannya. Setelah mengerjakan UBK, kamu bisa langsung melanjutkan membuat makalah atau tulisan lainnya. Kalau makalahmu nanti sudah selesai, jangan lupa untuk unggah di Stuvia. Agar kamu bisa mendapatkan uang tambahan dari sana.

Temukan Sumber Belajar Terbaik

Hemat waktu dengan berfokus pada apa yang penting. Ringkasan studi, panduan belajar, dan catatan kelas yang ditulis oleh sesama siswa dan dengan cepat mempelajari hal-hal yang penting
Cari Sekarang!