Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Tips Belajar UTBK Ini Akan Membantu Memastikan Kelulusanmu

Bagikan artikel ini

Ketika UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) tinggal menunggu waktu, insecure atau takut gagal tidak akan menyelesaikan masalah. Mau tidak mau kamu harus menghadapinya dengan usaha terbaik. Dengan berbagai tips belajar UTBK yang efektif dan efisien.

UTBK bukan seperti pekerjaan rumah sekolah yang bisa saling bekerjasama dengan teman. Pada UTBK, hanya kamu yang bisa membantu dirimu sendiri. Bukan orang lain, teman, guru, atau bahkan orang tua. Maka dari itu, diperlukan persiapan sejak dini dengan berbagai cara paling jitu untuk menghadapi UTBK.

Tips Belajar UTBK

Kamu termasuk salah satu siswa yang akan menempuh UTBK? Sebaiknya lakukan beberapa tips belajar UTBK berikut ini agar bisa lolos dengan nilai yang maksimal.

1. Persiapan Mental yang Baik

Untuk memaksimalkan usaha agar berhasil, ada sebagian siswa yang justru menghabiskan waktu untuk overthinking memikirkan kegagalan. Pesimis apakah bisa melalui ujian atau tidak. Bagaimana seandainya gagal dan berbagai pikiran negatif lainnya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ketakutan akan kegagalan pasti ada. Tapi itu bukan menjadi alasan untuk menyerah terlebih dahulu. Kamu memang tetap harus menyiapkan mental untuk menghadapi apapun hasilnya. Namun juga harus membangun mental untuk tetap berusaha agar berhasil lolos dengan nilai terbaik.

2. Membuat Target dan Rencana Belajar

Bagaimana? Sudah siap mental menempuh UTBK? Lanjutkan dengan langkah berikutnya, yaitu membuat target dan rencana belajar. Kelompokkan semua pelajaran menjadi 2 kelompok besar, yaitu kelompok yang mudah dimengerti dan sulit dimengerti.

Dan setiap kelompok, bagi lagi menjadi 2 bagian. Pelajaran dengan sub bahasan yang sedikit dan sub bahasan yang banyak. Prioritas pelajaran yang sulit dan memiliki sub bahasan yang banyak. Tujuannya adalah agar lebih mudah untuk mengejar ketertinggalan.

Setelah mengelompokkan dengan rapi, tinggal atur jadwal belajar untuk Minggu pertama, kedua, ketiga, dan keempat setiap bulannya. Usahakan semua pelajaran mendapatkan giliran sesuai dengan prioritas. Untuk meningkatkan semangat, kamu bisa mencoba mencari tempat belajar yang lebih nyaman untuk menghindari kebosanan.

3. Memahami Konsep

Jika ingin belajar lebih ringan, lupakan cara konvensional seperti menghafal, karena UTBK tidak perlu hafalan. Melainkan pemahaman mendasar terkait sebuah teori. Dengan memahami konsep dasar, kamu bisa lebih mudah memahami banyak hal untuk berbagai bab selanjutnya.

Misalkan jika ingin mengerjakan soal terkait hitungan, kamu harus paham konsep algoritma, eksponen, peluang, dan lain sebagainya. Memang sesekali kamu harus menghafal rumus untuk bisa memahami konsep dasar ini, tapi itu cukup sekali saja di awal untuk mudah melangkah di beberapa sub bab berikutnya.

4. Memperbanyak Latihan Soal

Saat UTBK nanti, yang akan kamu hadapi adalah soal. Maka dari itu, sesekali waktu kamu bisa melakukan pemanasan dengan mengerjakan latihan soal. Misalkan seminggu sekali sisakan waktu belajar satu atau dua jam untuk menguji hasil belajar kamu.

Untuk soal-soal latihannya, kamu bisa mendapatkannya dari buku khusus latihan soal UTBK. Atau bisa juga mendapatkan secara gratis dari komunitas online. Atau dari berbagai website akademi yang berbaik hati menyediakan banyak contoh soal UTBK gratis.

5. Tetap Fokus Pada Satu Materi di Satu Waktu

Tips belajar UTBK lainnya adalah tetap fokus pada satu materi di satu waktu, misalkan kamu merasa kurang dalam pelajaran bahasa Inggris. Tidak ada salahnya dalam 2 minggu kamu fokus untuk belajar bahasa Inggris. Baik belajar tentang teori, menghafal banyak kata dalam bahasa Inggris, atau mengerjakan soal-soalnya.

Begitu juga misalkan kamu merasa lemah pada mata pelajaran lain. Dengan lebih fokus pada satu mata pelajaran di satu waktu, kamu bisa berkonsentrasi penuh untuk menguasainya. Sehingga ketika waktu UTBK semakin dekat, persiapan kamu akan lebih matang.

6. Buat Rencana Untuk Esok Hari

Sebelum mengakhiri sesi belajar tiap hari, pastikan kamu telah menyiapkan pelajaran untuk esok hari. Jika kamu sudah menyiapkan rencana dan target belajar seperti poin ke-2, pastikan sebelum beranjak dari kursi belajar, kamu telah menyiapkan materi untuk belajar esok hari.

Meski sedikit merepotkan, namun tips belajar UTBK yang satu ini bisa membantu kamu untuk mendisiplinkan diri dalam belajar. Secara tidak langsung melatih mental untuk menghadapi UTBK sedini mungkin.

7. Menyiapkan Tempat yang Nyaman

Jika bosan dengan tempat belajar di rumah atau di kamar, tidak ada salahnya kamu coba belajar di luar. Seperti di cafe, di perpustakaan, di taman, di teras, atau dimanapun tempat yang bisa membuat kamu nyaman. Tujuannya adalah menghindari kebosanan dan meningkatkan semangat belajar.

Tempat belajar yang monoton hanya akan membuatmu kurang bersemangat. Jadi tidak ada salahnya mencari variasi tempat baru yang membuatmu lebih nyaman.

8. Hindari Menunda

Semua jadwal pelajaran telah kamu susun rapi, itu berarti kamu harus komitmen untuk melaksanakannya sesuai dengan jadwal. Jangan berfikir untuk menunda tanpa ada alasan yang jelas. Menunda hanya untuk hal-hal yang penting saja. Misalkan sakit, membantu orang tua, atau hal lain yang memang tidak bisa ditinggalkan.

Karena menunda belajar itu seperti candu, sekali berfikir menunda untuk alasan yang tidak terlalu penting, akan ada keinginan untuk mengulanginya. Sehingga apa yang telah dijadwalkan tidak bisa terlaksana dengan baik.

9. Penuhi Kebutuhan Kesehatan Tubuh

Belajar keras boleh saja, tapi jangan lupa memenuhi kebutuhan tubuh untuk istirahat. Jangan lupa untuk tidur minimal 8 jam setiap harinya. Sesekali bermain untuk menghilangkan stress. Atau turut membantu pekerjaan rumah orang tua.

Selain itu, jangan lupa mengonsumsi makanan dengan asupan nutrisi yang tinggi. Olah raga teratur, dan kalau perlu, minum suplemen penambah stamina. Karena meski hanya sekedar belajar, tetap membutuhkan tenaga dan stamina yang besar.

Ini memang bukan tips belajar UTBK. Tapi tanpa tubuh yang sehat dan kuat, kamu tetap tidak bisa mempersiapkan diri dengan baik menghadapi UTBK. Jangan abaikan kesehatan, karena jika tiba saatnya UTBK tubuh kamu sakit, apa yang kamu usahakan selama ini akan sia-sia saja.

10. Jangan Lupa Relaksasi

Tetap sisakan 1 hari dalam sebulan untuk relaksasi, bebaskan diri dari rutinitas belajar. Kamu bisa melakukan relaksasi dengan cara apapun sesuai dengan hobi dan minat bakat. Misalkan nonton film, main basket, masak, menulis, menggambar, atau apapun yang membuat pikiran lebih rileks.

Dengan relaksasi, tubuh dan otak akan terhindar dari ketegangan. Ada perasaan santai dan nyaman ketika kamu berada dalam tekanan UTBK. Sehingga hasil belajar akan lebih maksimal.

Dan jangan lupa, setiap hari mintalah restu orang tua agar apa yang kamu cita-citakan berhasil. Karena bisa jadi keberhasilan yang kamu dapatkan bukan semata-mata karena usahamu untuk belajar. Melainkan orang tua yang dengan tulus mendoakanmu berhasil.

Sudah Siap Menghadapi UTBK?

Nah, itulah 10 tips belajar UTBK yang efektif, semoga bisa membantu. Jika memiliki catatan UTBK yang rapi, Kamu bisa jual catatan belajar UTBK-mu di stuvia untuk bisa mendapat penghasilan (jajan) tambahan. Yuk jual catatan belajar UTBK-mu sekarang!

Temukan Sumber Belajar Terbaik

Hemat waktu dengan berfokus pada apa yang penting. Ringkasan studi, panduan belajar, dan catatan kelas yang ditulis oleh sesama siswa dan dengan cepat mempelajari hal-hal yang penting
Cari Sekarang!